Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya

Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Penjelasannya

Makhluk hidup adalah makhluk yang bernafas, bergerak, membutuhkan makanan, dapat bertumbuh kembang, berkembang biak dan dapat beradaptasi. Dalam biologi, benda atau makhluk hidup disebut biotik, dan benda mati disebut abiotic. Ada 7 ciri-ciri makhluk hidup, yaitu dapat bergerak, bernapas, membutuhkan makanan, dapat tumbuh dan berkembang, peka terhadap rangsangan, dapat berkembang biak, dan memiliki sistem metabolisme tubuh.

Manusia dan hewan bergerak dengan cara berjalan atau berlari, sedangkan untuk tanaman bergerak untuk mengikuti cahaya matahari. Cara pergerakan tanaman ini disebut dengan fototropisme. Ciri-ciri makhluk hidup kedua adalah bernapas. Bernapas adalah proses memasukan oksigen ke dalam tubuh. Fungsi dari bernapas itu sendiri adalah untuk mendapatkan energy dari pemecahan makanan. Manusia dan sebagian hewan bernafas menggunakan paru-paru dan sebagian hewan yang lain bernapas menggunakan insang seperti ikan. Sementara itu tumbuhan bernapas menggunakan stomata atau mulut daun.

Dalam memperoleh makanannya, manusia dan hewan mendapatkan makanan secara heterotroph yaitu dimana mendapatkan makanan dari makhluk hidup yang lain. Tumbuhan mendapatkan makanan dengan menghasilkan makanannya sendiri atau disebut dengan autotrof.

Semua makhluk hidup pasti dapat bertumbuh maupun berkembang. Pertumbuhan dapat dilihat secara fisik dengan mata, sementara perkembangan lebih kepada mental dan psikis dari makhluk hidup itu. Bagi manusia contoh dari berkembang adalah puberitas atau fase menuju kedewasaan. Makhluk hidup juga peka terhadap rangsangan, dapat berkembang biak untuk menjaga kelangsungan hidup dan memiliki sistem metabolisme tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *